TUMBUHAN YANG SUDAH LANGKA DI INDONESIA

Beberapa tumbuhan yang sudah langka di Indonesia adalah:
  • Rafflesia arnoldii: merupakan tumbuhan yang terkenal dengan bunga terbesarnya di dunia. Tumbuhan ini tumbuh di hutan tropis Sumatra, Kalimantan, dan Jawa.
  • Amorphophallus titanum: merupakan tumbuhan yang terkenal dengan bunga terbesarnya di dunia setelah Rafflesia arnoldii. Tumbuhan ini tumbuh di hutan tropis Sumatra dan Kalimantan.
  • Paphiopedilum rothschildianum: merupakan tumbuhan yang terkenal dengan bunga terindah di dunia. Tumbuhan ini tumbuh di hutan tropis Sulawesi dan Maluku.
  • Nypa fruticans: merupakan tumbuhan yang terkenal dengan daun terbesarnya di dunia. Tumbuhan ini tumbuh di hutan mangrove di sepanjang pesisir pantai Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku.
  • Gnetum gnemon: merupakan tumbuhan yang terkenal dengan daun terbesarnya di dunia setelah Nypa fruticans. Tumbuhan ini tumbuh di hutan tropis Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku.
  • Eucalyptus deglupta: merupakan tumbuhan yang terkenal dengan daun terindah di dunia. Tumbuhan ini tumbuh di hutan tropis Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku.
  • Pinanga kuhlii: merupakan tumbuhan yang terkenal dengan daun terindah di dunia setelah Eucalyptus deglupta. Tumbuhan ini tumbuh di hutan tropis Sumatra, Kalimantan, dan Jawa.
  • Livistona jenkinsiana: merupakan tumbuhan yang terkenal dengan daun terbesarnya di dunia setelah Pinanga kuhlii. Tumbuhan ini tumbuh di hutan tropis Sumatra, Kalimantan, dan Jawa.
  • Pholidota articulata: merupakan tumbuhan yang terkenal dengan bunga terindah di dunia setelah Paphiopedilum rothschildianum. Tumbuhan ini tumbuh di hutan tropis Sumatra, Kalimantan, dan Jawa.
  • Agathis dammara: merupakan tumbuhan yang terkenal dengan kayu terbesarnya di dunia. Tumbuhan ini tumbuh di hutan tropis Sumatra, Kalimantan, dan Jawa.

Itu hanyalah beberapa contoh tumbuhan langka di Indonesia. Ada banyak tumbuhan langka lainnya yang tumbuh di Indonesia, seperti orchid, bromeliad, dan tumbuhan

Sumber Kekayaan Indonesia sangat banyak sekali. Baik dari flora serta fauna. Tapi sayangnya seiring meningkatnya masa keberadaan atau hitungan dari hewan atau tumbuhan yang adanya di Indonesia makin berkurang.

jelas saja bila terjadi terus-menerus, bukan tak bisa jadi suatu jenis flora atau fauna merasakan kepunahan.

Di bawah ini ialah TUMBUHAN YANG telah kuno DI INDONESIA

1. Raflesia Arnoldi

Raflesia Arnoldi

Bunga Rafflesia hidup di Taman Nasional Bengkulu, memiliki ukuran dengan diameter bunga yang hampir mencapai 1 meter. Bunga ini populer dengan sebutan bunga bangkai pasal mengeluarkan bau busuk yang menyengat. Bau busuk yang dikeluarkan oleh bunga dipakai buat menarik lalat yang hinggap serta menolong penyerbukan. Raflesia Arnoldi merupakan tumbuhan parasit yang membutuhkan inang buat hidupnya.

Saat ini keadaan habitat Raflesia Arnoldi amat miris sehingga jumlahnya menurun drastis dari tahun ke tahun. Menyusutnya habitat bunga tersebut di antaranya dikarenakan aktivitas manusia layaknya pembukaan wilayah hutan baik buat aktivitas pertambangan, pertanian, ataupun permukiman.


2. Bunga Bangkai Raksasa

Bunga Bangkai Raksasa

Bunga bangkai raksasa atau suweg raksasa atau batang krebuit (nama lokal buat phase vegetatif), Amorphophallus titanum Becc,. merupakan tumbuhan dari suku talas-talasan (Araceae) endemik dari Sumatra, Indonesia, yang diketahui sebagai tumbuhan dengan bunga (majemuk) terbesar di dunia. Nama bunga ini berasal dari bunganya yang mengeluarkan bau layaknya bangkai yang membusuk, yang dimaksudkan sesungguhnya buat mengundang kumbang serta lalat buat menyerbuki bunganya.


3. Kantong Semar

Kantong Semar

Kantong semar merupakan jenis tanaman kuno karnivora. Sewaktu daun masih muda, kantong pemangsa terhadap Nepenthes tertutup. Lantas, membuka ketika telah dewasa. Namun bukan bermakna kantung flora karnivora ini mengcover sewaktu masih muda saja. Ia mengcover diri ketika sedang mengganyang mangsa. Tujuannya agar sistem pencernaan berjalan lancar serta takdiganggu kawanan musuh yang siap merebut makanan yang telah ia peroleh.


4. Damar

Damar

Tanaman kuno ini berasal dari papua. Damar ialah salah satu jenis pohon potensial yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Tanaman kuno ini tingginya dapat mencapai 60 m serta dimeternya 2 m


5. Cendana

Cendana

Cendana atau cendana wangi, merupakan tanaman kuno penghasil kayu cendana serta minyak cendana. Kayunya dipakai sebagai rempah-rempah, bahan dupa, aroma terapi, campuran parfum, dan sangkur keris (warangka).

Cendana ialah tumbuhan parasit terhadap awal kehidupannya. Kecambahnya membutuhkan pohon inang buat mendukung pertumbuhannya, pasal perakarannya sendiri tak sanggup mendukung kehidupannya. Karena prasyarat inilah cendana sukar dikembangbiakkan atau dibudidayakan.

Kayu cendana wangi (Santalum album) sekarang amat kuno serta harganya amat mahal. Kayu cendana dikata sebagai obat alternatif buat membawa orang lebih dekat kepada Tuhan. Minyak basis kayu cendana, yang amat mahal dalam bentuknya yang murni, dipakai terutama buat pengobatan metode Ayurveda, serta buat menghilangkan rasa cemas.

Baca Juga : TUMBUHAN TUBA PERACUN IKAN DAN SERANGGA

6. Bulian

Bulian

Diameter batang mencapai 95 cm dengan tinggi pohon sampai dengan 36 m. Tumbuh terhadap ketinggian 600 m di atas permukaan laut. kebiasaannya tumbuh di area lereng perbukitan dengan tanah berpasir. kebiasaannya digunakan buat konstruksi berat pasal sifatnya yang kuat serta tahan lama. Tersebar di Kalimantan, Maluku, Sumatera serta Malaysia.


7. Anggrek Tebu

Anggrek Tebu

Anggrek tebu merupakan anggrek terbesar, paling besar serta paling berat diantara jenis-jenis anggrek lainnya. Dalam satu rumpun dewasa, anggrek tebu bisa mencapai berat lebih dari 1 ton serta memiliki panjang malai hingga 3 meter dengan diameter malai sekitar 1,5-2 cm. Itulah sebabnya jenis tanaman kuno ini layak menyandang predikat sebagai anggrek terbesar serta tersulit atau anggrek raksasa.


8. Jelutung

Jelutung

Jelutung atau jelutong (Dyera costulata, syn. D. laxiflora) ialah spesies pohon dari subfamilia oleander. Pohon ini bisa tumbuh hingga 60 meter dengan diameter sebesar 2 meter. Pohon ini tumbuh di semenanjung Malaysia, Kalimantan, Sumatra serta areaselatanThailand.


9. Bayur

Bayur

Tanaman kuno indonesia ini mempunyai nama area balang, wadang, walang,dan wayu. Bayur ialah jenis tanaman kuno yang mempunyai nilai mutu kayu bagus.


10. Tengkawang

Tengkawang

Tengkawang ialah nama buah serta pohon dari genus Shorea yang buahnya menghasilkan minyak nabati. Pohon Tengkawang cumaterkandung di pulau Kalimantan serta beberapa kecil Sumatra. Dalam bahasa Inggris, jenis tanaman kuno ini diketahui sebagai Illepe Nut atau Borneo Tallow Nut. Pohon yang terdiri atas belasan spesies (13 salah satu dilindungi dari kepunahan) ini menjadi maskot (flora identitas) provinsi Kalimantan Barat.

Demikianlah artikel tentang TUMBUHAN YANG SUDAH LANGKA DI INDONESIA, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu. Jangan lupa untuk di share dan memberi komentar pada kolom yang telah disediakan. Terimakasih

Post a Comment for "TUMBUHAN YANG SUDAH LANGKA DI INDONESIA"