MANFAAT TANAMAN BUNGA TELANG

Tanaman bunga telang adalah salah satu jenis tanaman yang tumbuh di Indonesia. Tanaman ini memiliki nama ilmiah Clitoria ternatea dan merupakan tanaman semak yang tumbuh hingga ketinggian 2 meter. Tanaman ini memiliki bunga berwarna biru keunguan dengan kelopak yang berbentuk bulat telur.

Tanaman bunga telang dapat ditanam di daerah yang memiliki iklim tropis dan subtropis. Tanaman ini membutuhkan sinar matahari secara langsung dan cukup air untuk tumbuh dengan baik. Tanaman bunga telang juga dapat tumbuh di pot atau terpal, sehingga dapat ditanam di lahan sempit atau dalam ruangan.

Untuk menanam bunga telang, pertama-tama siapkanlah media tanam yang terdiri dari campuran tanah, pasir, dan pupuk kandang. Kemudian, ambil benih bunga telang dan letakkan di atas media tanam. Kemudian, tambahkan air secukupnya dan tutup dengan plastik atau kantong plastik untuk menjaga kelembaban. Setelah itu, tunggu hingga benih tumbuh menjadi tanaman yang sehat. Jika tanaman sudah cukup tinggi, pindahkan tanaman ke pot atau terpal yang lebih besar atau tanam langsung di lahan.

Jika sudah ditanam, pastikan untuk terus memberikan air yang cukup dan membuat tanaman mendapat sinar matahari secara langsung. Selain itu, jangan lupa untuk memberikan pupuk sesuai dengan kebutuhan tanaman. Dengan perawatan yang baik, tanaman bunga telang akan tumbuh subur dan memberikan hasil yang memuaskan.

Menjaga kesehatan itu jauh labih baik dari pada mengobati. Jika kita mengenal bunga telang ini sangat baik untuk menjaga kesehatan dan bahkan bisa mengobati berbagai macam penyakit.

Tanaman ini adalah jenis tanaman merambat, namun tak jarang dibuat pada pekarangan rumah. sesungguhnya bunga telang tidak sulit untuk kita kenal, tapi bisa jadi buat beberapa bunga telang jadi nama yang asing, padahal nyatanya bunga ini telah banyak terlihat di lingkungan mereka.


MANFAAT TANAMAN BUNGA TELANG

Ada yang membedakan antara bunga telang dengan bunga lainnya, bunga telang paling mencolok dari tanaman lainnya pasalbunga telang memiliki warna yang cerah biru. Dalam praktiknya bunga telang banyak dipakai sebagai obat tradisional dalam mengobati penyakit s3ksual.

Baca Juga : Manfaat Tanaman Kapulaga

Kebanyakan orang lebih memilih menanamnya alih alih sesegera mungkin senantiasa membeli bunga telang ini dipasaran. Tanaman ini ditanam melewati benih tetapi dapat juga dengan metode pembibitan,tapi yang paling banyak diminati ialah dengan metode menanam dari Bibit Bunga Telang,karena lebih gampang didapatkan.


BUNGA TELANG

Akarnya memperbaiki nitrogen serta oleh pasal itu tanaman ini juga dipakai buat menaikkan nilai mutu tanah. tetapi daunnya dapat dipakai buat mempercepat pematangan bisul serta bijinya juga dapat dipakai sebagai obat cacing.

Baca juga : CARA MENGGUNAKAN BUNGA TELANG SEBAGAI PEWARNA ALAMI MAKANAN

Bahkan di beragambelahan negara di Asia Tenggara, bunganya dipergunakan sebagai pewarna makanan. Bayangkan kaya gimana warna yang akan dihasilkan dari bunga telang,apakah biru? Atau menjadi warna yang lainnya,pasti akan unik sekali warna yang dihasilkan dari bunga telang ini.
Tanaman ini merupakan tanaman asli Asia tropis khatulistiwa, tapi sudah diperkenalkan ke Afrika, Australia serta Amerika. Pokok kacang boleh tumbuh sehingga 9 meter panjang. Ia membiak dengan metode keratan batang atau biji benih. Bunga telang mengeluarkan bunga selama tahun.

Demikianlah artikel tentang MANFAAT TANAMAN BUNGA TELANG, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu. Jangan lupa untuk di share dan memberi komentar pada kolom yang telah disediakan. Terimakasih

Post a Comment for "MANFAAT TANAMAN BUNGA TELANG"