CARA MENGGUNAKAN BUNGA TELANG SEBAGAI PEWARNA ALAMI MAKANAN

Bunga telang adalah salah satu jenis bunga yang tumbuh di Indonesia. Bunga ini memiliki nama ilmiah Clitoria ternatea dan merupakan tanaman semak yang tumbuh hingga ketinggian 2 meter. Bunga telang memiliki bunga yang berwarna biru keunguan dengan kelopak yang berbentuk bulat telur. Bunga ini biasanya tumbuh di daerah yang memiliki iklim tropis dan subtropis.

Bunga telang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, di antaranya:
  • Meningkatkan fungsi otak: Bunga telang dianggap memiliki kandungan yang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak dan mengurangi risiko demensia.
  • Mengatasi insomnia: Bunga telang dipercaya dapat mengurangi kecemasan dan menenangkan pikiran, sehingga dapat membantu mengatasi insomnia atau gangguan tidur.
  • Menurunkan tekanan darah: Bunga telang dianggap dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah terjadinya penyakit jantung.
  • Mengatasi masalah kulit: Bunga telang dipercaya dapat mengatasi masalah kulit seperti jerawat dan bekas luka.

Bunga telang biasanya diolah menjadi produk-produk kosmetik seperti masker wajah atau obat herbal. Namun, sebelum menggunakan produk yang mengandung bunga telang, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli kesehatan untuk memastikan bahwa produk tersebut sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit Anda.

Bunga telang manfaatnya untuk kehidupan sangat banyak sekali. Dimana bunga telang ini bermanfaat untuk kesehatan, juga bisa digunakan sebagai bahan alami pewarna makanan. Sehingga makanan yang dihasilkan enak dan menyehatkan.

Cara menggunakannya juga gampang yaitu dengan mengumpulkan sebagian kuntum bunga sesuai dengan keperluan lantasmeremasnya dengan tangan atau menumbuknya sehingga keluar sari-sari warna birunya.

kuntum bunga

Pewarna biru dari bunga Telang ini biasa dipakai buat pewarna kue, puding, minuman serta aneka kuliner lainnya. Dengan warna birunya yang indah menjadikan penampilan makanan serta minuman itu tampak menarik sekali.

warna birunya yang indah

Baca Juga : PENGOBATAN BERBAGAI PENYAKIT DARI PINANG
Apalagi pemakaian ekstrak bunga telang takmemberi efek aroma atau cita rasa masakan. Sebab, ekstrak pewarna yang didapat dari mahkota bunga telang ini, cuma mengandung zat warna yang diketahui sebagai antosianin.

mengandung zat warna

Tanaman bernama latin Clitoria ternatea ini sesungguhnya dapat dengan gampang ditemui di sekitar kita pasal tanamannya yang gampang ditanam serta tumbuh secara masif. tetapi entah kenapa, saat ini cukup sulit juga menjumpai keberadaan tanaman ini.

Clitoria ternatea

Tanaman yang diketahui juga dengan nama global sebagai butterfly pea, blue pea, Cordofan pea serta Asian pigeonwings amat diketahui di Malaysia.

butterfly pea

Ekstrak bunganya yang berwarna biru kerapdipakai buat membagikan warna terhadap kue ketan bernama Pulut Tai Tai. Di area Kelantan, negara area Malaysia, adanya juga nasi putih yang dikasi warna kembang telang diketahui dengan nama nasi kerabu.

Ekstrak bunganya yang berwarna biru

Untuk kuliner Burma serta Thailand, kadangbunga telang dicelupkan ke dalam adonan tepung serta digoreng hingga kering sebagai camilan yang enak serta unik.

Baca juga : MANFAAT TANAMAN BUNGA TELANG


digoreng hingga kering sebagai camilan

Sedangkan di Thailand, adanya minuman sirup berwarna biru yang terbuat dari ekstrak bunga telang bernama Nam Dok Anchan. Dengan sebagian tetes air jeruk nipis yang ditambahkan ke dalam minuman tersebut bisa merubah warnanya menjadi pink keunguan.

Nam Dok Anchan

Bunga Telang ini dapat dipakai sebagai pewarna natural dalam kondisi bunga segar atau kering. Di sebagian tempat adanya yang menjualnya dalam kemasan plastik.

Bunga Telang ini dapat dipakai sebagai pewarna natural

Tetapi buat result yang lebih optimal, sebagusnya gunakan bunga Telang yang segar serta baru dipetik dari tanamannya

Demikianlah artikel tentang CARA MENGGUNAKAN BUNGA TELANG SEBAGAI PEWARNA ALAMI MAKANAN, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog Pustaka Ilmu. terimakasih.

Post a Comment for "CARA MENGGUNAKAN BUNGA TELANG SEBAGAI PEWARNA ALAMI MAKANAN"