CARA BISNIS BUDIDAYA ANGGREK ALA TAIWAN

Taiwan merupakan negara produsen anggrek terkemuka serta salah satu negara eksportir anggrek terbesar di dunia. Iklim subtropis Taiwan ideal buat peningkatan anggrek dengan temperatur yang hangat, cahaya matahari yang cukup berlimpah, kelembaban yang tinggi serta frekuensi hujan yang cukup.

Hampir selama tahun greenhouse di Taiwan tak membutuhkan proses pengontrolan temperatur serta kelembaban yang membutuhkan asal pati energi, sehingga bisa kurangi biaya keluaran anggrek. Petani anggrek di Taiwan bisa mengendalikan periode pembungaan serta menyediakan banyak varietas bunga anggrek yang berbagai bentuk serta kombinasi warnanya buat memenuhi keinginan konsumen.

CARA BISNIS BUDIDAYA ANGGREK ALA TAIWAN

BUDIDAYA ANGGREK

Pengembangan Varietas Anggrek

Pada awalnya budidaya anggrek cuma merupakan sesuatu hobi di Taiwan, namun menatap prospeknya yang menjanjikan, sebagianorang mulai merintisnya menjadi sesuatu bisnis yang menguntungkan. Agroindustri anggrek ini didukung penuh oleh pemerintah Taiwan, baik dari sisi studi serta pengembangan anggrek, pembibitan sampai ke pemasaran.

Anggrek merupakan tanaman hias yang paling banyak jenisnya di dunia, yaitu lebih dari 25000. spesies. Taiwan kaya akan jenis anggrek alam serta salah satu negara termaju dalam metoda pemuliaan anggrek buat memproduksi varietas baru yang lebih indah.

fungsi pengawetan plasma nutfah anggrek, tubuh Litbang Taiwan (Taiwan Agricultural Research Institute/TARI) sudah mendevelopteknologi penyimpanan benih anggrek yaitu dengan dibekukan di dalam nitrogen cair terhadap suhu -197o C sehingga bisadisimpan dalam jangka masa 20 tahun dengan daya kecambah masih dapat mencapai >75%.

Banyak varietas anggrek yang dimantapkan di Taiwan, namun beberapa besar ialah spesies anggrek bulan (Phalaenopsis spp) sebagai bunga pot, nyatanya lebih dari 80% anggrek bulan yang diimpor oleh Amerika Serikat berasal dari Taiwan, disamping itu juga mereka banyak mendevelop bunga potong Oncidium spp yang di Indonesia populer dengan sebutan anggrek Golden Shower.

Petani anggrek di Taiwan sudah sukses mendevelop banyak variasi anggrek bulan, disamping varietas warna merah serta putih kiniadanya anggrek bulan berwarna kuning serta multiwarna.

Taiwan melindungi hak cipta varietas baru yang disilangkan pemulia tanaman, diantaranya tanaman anggrek. Orang yang menciptakan varietas tanaman yang baru sesegera mungkin mendaftarkannya ke pemerintah dengan mengisi form aplikasi sertamenulis deskripsi tanamannya dan dokumen pendukung lainnya.

Varietas tanaman yang didaftarkan sesegera mungkin benar-benar baru, jelas lain hal dari varietas lain yang telah ada, seragam serta mempunyai kestabilan dalam karakteristiknya. Pemegang hak cipta varietas tanaman mempunyai hak eksklusif buat memproduksi serta menambah tanaman dan memberi pilihan sertamenjualnya, hak cipta ini berlaku sepanjang 25 tahun buat jenis tanaman pohon serta 20 tahun buat tanaman jenis lainnya. telah 15 spesies anggrek yang didaftarkan buat menemukan hak cipta, beberapa besar (91%) ialah jenis anggrek bulan, sisanya (9%) spesies anggrek yang lain. Dari tahun 2002 sampai tahun 2014 telah 355 hak cipta diberikan buat jenis anggrek Phalaenopsis spp (Doritaenopsis spp)

Bisnis Anggrek di Taiwan



Salah satu tonggak utama pergantian dalam bisnis anggrek Taiwan dari hobi menjadi industri ialah masuknya perusahaan negara Taiwan yaitu Taiwan Sugar Corp (TSC) terhadap tahun 1987 buat memulai aktivitas bisnis di bidang florikultura serta menjadi perusahaan pertama di Taiwan yang menjadikan tanaman anggrek sebagai sesuatu industri.

Melimpahnya lahan, SDM danketersediaan modal memungkinkan perusahaan ini buat menjalankan bisnis anggrek bulan dalam skala industri. Perusahaan ini membangun banyak greenhouse buat tanaman anggrek serta merangkul kelompok produsen kecil buat bergabung dalam rantai produksinya. Model greenhouse yang dimantapkan dikontrol dengan komputer serta memakaikan dua susunan jaring buatmelindungi bunga anggrek dari sinar matahari.

Biaya keluaran yang rendah memungkinkan bunga anggrek yang tadinya merupakan tanaman eksklusif menjadi tanaman yang produksinya bersifat massal serta harganya menjadi lebih murah.

Pemerintah Taiwan membangun taman bioteknologi anggrek yaitu Taiwan Orchid Plantation (TOP) yang mengkombinasikan industri anggrek berbasis ilmu biologi serta teknologi. TOP mengorganisasikan keluaran serta pemuliaan anggrek, perdagangan, pameran, studi serta pengembangan dan promosi tentang multi guna dari TOP kepada pihak-pihak terkait.

TOP merencanakan buatmengintegrasikan daerah keluaran dengan daerah wisata di sekitarnya. Diselenggarakan pula tiap tahun pameran anggrek internasional (Taiwan International Orchid Show) dari ketika tahun 2004 yang memakaikan anggrek sebagai topik utama dalam desain, display serta kerajinan tangan. berserentakan dengan pameran, dilaksanakan pula kompetisi bunga anggrek, simposium anggrek internasional, temu bisnis, tur ke perusahaan anggrek serta lain-lain. Pameran ini dikunjungi oleh sekitar 300000. orang per tahun diantaranya 3000. orang profesional di bidang tanaman anggrek.

Para petani di Taiwan kebiasaannya fokus terhadap satu level rantai keluaran anggrek, contohnya sebagian orang fokus terhadapvarietas baru, menyemai biji anggrek hingga menjadi benih anggrek dalam botol. Petani lain menanamnya terhadap media tanam moss dalam pot plastik.

Benih anggrek terhadap lazimnya melewati 3 (tiga) level peningkatan yang masing-masing memakan masa sekitar 4-6 bulan, kebiasaannya tiap level tanaman dirawat oleh petani yang lain hal serta tiap level anggrek dipindahtanamkan ke pot yang lebih besar serta setelah itu dikirimkan ke luar negeri. terhadap greenhouse di Amerika Serikat, sentakan suhu dingin menimbulkan tanaman buat berbunga sehingga dapat dengan cepat dipasarkan kepada konsumen akhir. Taiwan saat ini sudah menjadi negara pengirim anggrek terbanyak ke Amerika Serikat.

Ketua panitia konferensi anggrek terhadap tahun 2004, Chen Shih-shun menyiratkan jikalau suksesnya bisnis anggrek Taiwan merupakan result dari kombinasi kecocokan geografis buat melaksanakan budidaya anggrek, kerja keras para petani sertakemampuan pemerintah buat mengetahui potensi industri ini sehingga pemerintah Taiwan menolong dalam Perihalpengembangan infrastruktur serta investasi. Saat ini Taiwan sudah mengekspor anggrek ke Amerika Serikat, China, negara-negara Eropa serta Jepang.

Kesuksesan bisnis anggrek Taiwan tunjukkan jikalau keberhasilan dalam bisnis suatu komoditas pertanian membutuhkan kerja keras serta kesungguhan dari para petani serta pengusaha bisnis pertanian dan dukungan pemerintah terutama dalam Perihalinfrastruktur serta menciptakan iklim berupaya yang kondusif.

Demikianlah artikel tentang CARA BISNIS BUDIDAYA ANGGREK ALA TAIWAN, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu. Terimakasih

Post a Comment for "CARA BISNIS BUDIDAYA ANGGREK ALA TAIWAN"