Peran Dan Objek Pembahasan Ilmu Tauhid

Ilmu tauhid adalah ilmu yang mempelajari tentang ajaran-ajaran agama Islam yang berkaitan dengan kepercayaan kepada Allah SWT. Salah satu aspek yang sering dibahas dalam ilmu tauhid adalah peran dan objek pembahasannya.

Peran ilmu tauhid sangat penting dalam agama Islam karena membantu umat Islam untuk memahami dan meyakini keesaan Allah SWT. Dengan mempelajari ilmu tauhid, seseorang dapat memperkuat keimanannya kepada Allah SWT dan menjadi lebih dekat dengan-Nya. Selain itu, ilmu tauhid juga membantu umat Islam untuk menghindari bentuk-bentuk syirik (mempersekutukan Allah) dan menjadi lebih taqwa kepada-Nya.

Sedangkan objek pembahasan ilmu tauhid adalah berbagai ajaran dan konsep yang berkaitan dengan kepercayaan kepada Allah SWT. Ini termasuk konsep-konsep seperti sifat-sifat Allah, konsep-konsep tentang syirik, dan cara-cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Ilmu tauhid juga membahas tentang cara-cara mengamalkan ajaran-ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari dan bagaimana mengikuti petunjuk-petunjuk yang diberikan oleh Allah SWT dan Rasul-Nya.

Secara umum, ilmu tauhid memainkan peran yang sangat penting dalam agama Islam karena membantu umat Islam untuk memahami dan meyakini keesaan Allah SWT, serta membantu mereka untuk mengamalkan ajaran-ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari.

Peran Dan Objek Pembahasan Ilmu Tauhid


PENGERTIAN ILMU TAUHID - Secara bahasa, ilmu berasal dari bahasa Arabالعلم yang bermaksud mengetahui, yaitu kata masdar dari kata علم- يعلم .

Perkataan tauhid berasal dari kata arab, masdar dari kata وحد-يوحد . Secara istilah, tauhid berarti keEsa-an. Yaitu I’tikad atau keyakinan bahwa Allah SWT Esa, Tunggal, Satu.


Husain affandi al-jasr berpendapat:

Ilmu tauhid adalah yang membahas hal-hal yang menetapkan aqidah agama dengan dalil-dalil yang meyakinkan .

a. Hakikat tauhid

Allah berfirman:

وما خلقث الجن والانس الا ليعبدون

“aku ciptakan jin dan manusia tiada lain hanyalah untuk beribadah kepadaku“
( adz-Dzariyat : 56 )

Ketahuilah bahwa tauhid secara mutlak adalah berilmu dan mengakui keesaan Allah dan sifat-sifat-Nya yang sempurna , mengikrarkan ketauhidan-Nya dengan sifat-sifat-Nya yang agung lagi mulia dan mengesakan-Nya dalam ibadah.

Baca Juga : NAMA-NAMA LAIN ILMU TAUHID

Ilmu tauhid adalah yang membahas hal-hal yang menetapkan aqidah agama dengan dalil-dalil yang meyakinkan .

b. Macam-macam tauhid

Macam-macam tauhid terbagi kepada tiga bagian:


1. Tauhid rububiyyah

Yaitu hendaknya hamba menyakini bahwa Allah adalah Rab Yang Maha Esa, yang menciptakan, memberikan rezeki dan mengatur alam dengan sendirian. Dia yang mengatur semua makhluk dengan nikmat.


2. Tauhid uluhiyyah

Dikenali dengan tauhid ibadah. Yaitu mengi’tikad dan beriman bahwa Allahsahaja yang berhak disembah dan tiada sekutu dalam penyembahannya. Dia sahaja berhak dita’ati, kepada-Nya tempat bertawakkal , berdoa dan berserah .


3. Tauhid asma wa sifat

Yaitu mengi’tikad dan beriman bahwa Allah bersifat dengan sifat-sifat kesempurnaan dan Maha Suci dari segala sifat-sifat kekurangan, kelemahan dan Allah mempunyai nama-nama yang layak dengan kebesarannya. Segala nama itu tidak sama dengan makhluk.


OBJEK PEMBAHASAN ILMU TAUHID

Pembahasan ilmu tauhid

As-samiyyat ialah membincangkan perkara-perkara yang ghaib yang tidak dapat diketahui melainkan dengan perantaraan wahyu, seperti neraka, padang mahsyar dan sebagainya.

An-nubuwwah ialah membahas tentang konsep kenabian, tugas dan sifat-sifatnya.

Ilahiyah ialah membahas tentang wujudnya Allah, mengenai sifat-Nya tidak bagi zat-Nya.

Demikianlah artikel tentang Peran Dan Objek Pembahasan Ilmu Tauhid, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu. Terimakasih

Post a Comment for "Peran Dan Objek Pembahasan Ilmu Tauhid"