Gambar Lengkap Alat Pengukur Arah dan Kecepatan Angin

Cup Counter Anemometer merupakan alat non recording. Cup Counter Anemometer digunakan untuk mengukur kecepatan rata-rata angin pada ketinggian-ketinggian yang ditentukan. Data yang hasilkan berupa kecepatan rata-rata angin pada ketinggian tersebut dalam satuan km/jam.

Di stasiun klimatologi dipasang tiga buah Cup Counter Anemometer dengan ketinggian 0,5 meter, 2 meter dan 6 meter. Dalam pengamatan Agroklimat Cup Counter Anemometer diamati pada jam 07.00 WS, 07.30 WS, 10.00 WS, 13.30 WS, 14.00 WS, 16.00 WS, 17.30 WS dan jam 18.00 WS. (WS = Waktu Setempat)

Bagian - bagian Alat
Cup Counter Anemometer terdiri dari 3 bagian yaitu :
  • tiga buah mangkok sebagai baling - baling yang dibatasi sudut 123o 
  • Counter 
  • Tiang 

Berikut gambar alat tersebut

Cup Counter Anemometer


Cara Kerja Cup Counter Anemometer

Saat terjadi angin, tenaga geraknya akan memutar mangkok baling baling. Putaran tersebut diteruskan ke counter berupa pertambahan nilai pada angka-angka counter. Tiga kali putaran penuh nilai pada counter akan bertambah sebesar 0,01. Data diperoleh dengan perhitungan sebagai berikut.

Kecepatan rata - rata selama periode @ jam = (pembacaan II - pembacaan I) x 1 km/jam Periode @ jam

Ket :

Pembacaan I : pembacaan awal periode @ jam
Pembacaan II : pembacaan akhir periode @ jam

Demikianlah artikel tentang Gambar Lengkap Alat Pengukur Arah dan Kecepatan Angin - Cup Counter Anemometer, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu. Terimakasih

Post a Comment for "Gambar Lengkap Alat Pengukur Arah dan Kecepatan Angin"