Metode Gampang Stek Pohon Jeruk Nipis

Stek pohon jeruk nipis adalah salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengembangkan pohon jeruk nipis baru. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk melakukan stek pohon jeruk nipis:
  • Pilih batang yang sehat dan tidak terlalu tua untuk ditek. Batang yang terlalu tua akan sulit tumbuh kembali setelah dipotong.
  • Potong batang yang akan ditek menjadi bagian-bagian yang panjangnya sekitar 5-10 cm, dengan tepi pemotongan yang rata.
  • Siapkan media tanam yang sesuai, seperti campuran tanah, pasir, dan kompos.
  • Letakkan batang yang telah dipotong di atas media tanam, dengan tepi pemotongan mengarah ke bawah.
  • Tekan lembut batang ke dalam media tanam, sehingga bagian atasnya terlihat di atas permukaan media.
  • Beri penyiraman yang cukup, sehingga media tanam tetap lembab.
  • Beri pencahayaan yang cukup, namun jangan terlalu terkena sinar matahari langsung.
  • Setelah beberapa saat, batang yang telah ditek akan tumbuh akar baru dan membentuk pohon jeruk nipis baru.

Perlu diingat bahwa stek pohon jeruk nipis merupakan salah satu cara yang cukup mudah dan efektif untuk mengembangkan pohon jeruk nipis, namun tidak semua jenis pohon dapat tumbuh kembali setelah dipotong. Selalu konsultasikan dengan ahli tanaman atau toko kelontong terdekat sebelum mencoba mengembangkan pohon jeruk nipis dengan cara stek.

Jeruk nipis adalah jenis jeruk yang amat akrab dengan kehidupan kita sehari-hari. Buah yang memiliki berukuran mini sertamempunyai warna hijau ini beredar pada daerah Asia serta Negara Amerika tengah.

Jeruk nipis mempunyai beragam kandungan layaknya vitamain dan senyawa kimia yang amat berguna bagi kita, galat satuadalah Vitamin B1, Protein, Lemak, Karbohidrat, Mineral, Kalsium Fosfor, Zat Besi, Asam Askorbat, Asam Vitamin C, Asam Amino, Nitrat, Minyak Atsiri, Glikosida serta Asam Sitrun.

Metode Gampang Stek Pohon Jeruk Nipis

Buah yang kerap dikatakan jeruk pecel ini jua memiliki banyak faedah buat kebugaran badan kita, mulai dari kecantikan, buatpenyembuhan serta jua buat bumbu masak. Jeruk nipis juga berguna buat kurangi batuk, demam, ketombe, infeksi saluran kemih, kurangi jerawa, anti inflamasi memperbanyak stamina & menjadi antimikroba (Sumber : Astarini et al, 2010).

Harga jeruk nipis ini tergolong tinggi yaitu mampu mencapai 15000/kg. Pada pasaran terhadap syarat normal, bahkan di Kota Kupang terhadap hari Rabu lepas 29 maret 2017 harga jeruk nipis melonjak dari 15000/kg. Sebagai 30000/kg. Pasal jelas jelas pasokan berdasarkan Pulau Bali terhenti (asal: kupangtribunnews. Com/2017/03/30/ pasokan-jeruk- nipis-berdasarkan- bali- terhenti- harga- jeruk- nipis- naik).

Dari permasalah diatas, alangkah alangkah rupawan Sahabat Inspirasi Berkebun memiliki pohon jeruk nipis sendiri di tempat tinggal , sebagai akibatnya Sahabat Inspirasi Berkebun tak butuh lagi membeli pada pasar ketika Sahabat Inspirasi Berkebun butuh, terlebih jika jeruk nipis ini berbuah selama tahun jadi mampu tersedia tiap waktu.

Baca : Metode Sambung Susu terhadap Jeruk Nipis

Jika Sahabat Inspirasi Berkebun keberatan menggunakan harga bibit jeruk nipis ini atau jelas jelas tak tau sesegera mungkin beli dimana, kami memiliki saran untuk Sahabat Inspirasi Berkebun yaitu cobalah Sahabat Inspirasi Berkebun menanam pohon jeruk nipis ini menggunakan metode stek btg, pasal pohon jeruk nipis ini amat gampang tumbuh.

Cobalah Sahabat Inspirasi Berkebun minta btg area pucuk lebih kurang 30 cm ke tetangga Sahabat Inspirasi Berkebun yg mempunyai pohon jeruk nipis ini, kami sarankan pilihlah pohon jeruk nipis yg telah pernah berbuah.

Langsung saja ikuti langkah-langkah kaya gimana metode gampang stek pohon jeruk nipis
Alat dan Bahan yang pada Perlukan:
  • Tanah subur, berbentuk kompos atau pupuk sangkar
  • Air mineral satu gelas atau dapat juga air sumur
  • Gunting flora atau pisau
  • Gelas air mineral bekas

Langkah-langkah Stek Pohon Jeruk Nipis :

1. Potong btg terhadap pohon jeruk nipis induk dengan panjang sekitar kurang lebih 30 centimeter. Selesainya pada potong rendam rabat btg yg akan pada stek kedalam segelas air lebih kurang 5 mnt saja sekitar Selagi potongan btg jeruk nipis masih direndam, siapkan tanah dalam gelas air mineral bekas Setelah potongan batang jeruk nipis terselesaikan direndam, buang beberapadaunnya. 

2. Tancapkan btg agak pada ke pot agar tak gampang goyang Setelah btg telah tertancap, siram dengan air serta letakan ditempat yg lembab atau didalam rumah atau dibawah pohon yg rindang dan jangan hingga terjangkit sinar matahari secara pribadi, sampai akar mulai tumbuh. Akar akan terlihat kentara, pasal Sahabat Inspirasi Berkebun memakaikan pot berdasarkan gelas air mineral. 

3. Jika telah keluar akar selanjutnya letakan ditempat yang terjangkit cahaya mentari serta apabila pada rasa akar sudah poly, pindahlah ke pot yang lebih besar atau bisa jua pribadi ditaman terhadaptanah.

Kami melaksanakan pecobaan memakaikan pohon jeruk nipis dan jambu air, posibilitas dapat di coba terhadap flora lain.

Demikianlah artikel tentang Metode Gampang Stek Pohon Jeruk Nipis, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu. Jangan lupa untuk di share dan berkomentar. Terimakasih

Post a Comment for "Metode Gampang Stek Pohon Jeruk Nipis"