Metode Sambung Susu terhadap Jeruk Nipis

Jeruk nipis adalah tanaman perdu yang berasal dari Asia Tenggara dan memiliki buah yang bernama jeruk nipis. Buah jeruk nipis memiliki kulit yang kuning kehijauan dan daging yang berwarna putih atau kuning kehijauan. Jeruk nipis memiliki rasa yang asam dan mengandung banyak vitamin C.

Jeruk nipis dapat dibudidayakan di daerah dengan iklim tropis atau subtropis dengan suhu yang stabil. Jeruk nipis membutuhkan cahaya matahari yang cukup dan harus ditanam pada tanah yang drainase yang baik. Jeruk nipis juga membutuhkan pemupukan yang teratur, terutama pada saat buah sedang tumbuh.

Jeruk nipis memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko penyakit jantung, mengurangi risiko kanker, dan membantu dalam proses penurunan berat badan. Jeruk nipis juga dapat digunakan sebagai pembersih alami, air minum, dan bahan makanan.

Jeruk nipis dapat diolah menjadi berbagai macam makanan dan minuman, seperti jus jeruk nipis, sirup jeruk nipis, dressing salad, dan masakan lainnya. Buah jeruk nipis juga dapat dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi minuman segar yang disajikan dengan es batu.

Sambung susu merupakan salah satu metode okulasi yang mempunyai presentase keberhasilan yang paling besar, pasal batang area atas atau scion serta area batang bawah atau rootstock tersebut masih dalam kondisi hidup.

Berbeda dengan keseringan metoda okulasi yang lainnya, dimana area batang atas atau scion adalah potongan batang pohon unggul yang akan di sambungkan terhadap pohon induk.

Maksud dari potongan terhadap sambung susu adalah memotong area dari tanaman atau kerap dikatakan dengan cutting. Jadi besar posibilitas penyambungan atau okulasi akan gagal serta batang atas tanaman akan mati.

Berbeda dengan metode sambung susu, dimana batang atas atau scion merupakan pohon hidup jadi masih bisa menghasilkan makanan sendiri dengan akarnya sendiri.

Disebut dengan sambung susu pasal batang atas atau scion di sambungkan layaknya halnya di gendong serta disusukan terhadapbatang bawah akan tapi masing-masing pohon masih mempunyai perakaran sendiri atau sebaliknya.

Pada tanaman yang tinggi, buat memakaikan sambung metoda sambung susu ini jelas jelas cukup sulit, sesegera mungkin salah satunya yang akan di jadikan batang atas atau batang bawah ditanam terhadap pot, pasal salah satunya sesegera mungkin nempel.

Baca : Metode Gampang Stek Pohon Jeruk Nipis

Langsung saja, buat memperjelasnya kami akan membagi pembelajaran kaya gimana metode melaksanakan metoda sambungan memakaikan metode sambung susu, layaknya yang kami laksanakan terhadap pohon jeruk nipis.

Alat serta Bahan-bahan yang di Perlukan
  • Tanaman yang akan dijadikan batang bawah, kami tanam dari biji di dalam polybag 
  • Tanaman yang akan dijadikan batang atas, kami tanam dari result stek batang 
  • Pisau yang tajam atau cutter 
  • Plastik es 

Langkah-Langkah Sambung Susu terhadap Jeruk Nipis

Pertama Iris kulit terhadap masing-masing pohon, supaya lebih jelas perhatikan gambar dibawah ini.

Pertama Iris kulit terhadap masing-masing pohon

Kedua satukan dan ikat dengan plastik es, agar lebih jelas perhatikan gambar dibawah ini.

satukan dan ikat dengan plastik es



satukan dan ikat dengan plastik es




Ketiga Setelah tiga minggu atau empat minggu, kemudian potonglah batang yang akan dijadikan batang atas, agar lebih jelas perhatikan gambar dibawah ini.

Setelah tiga minggu atau empat minggu



Setelah tiga minggu atau empat minggu

Keempat setelah beberapa bulan, baru lepas plastik pembungkusnya.

setelah beberapa bulan

Demikianlah artikel tentang Metode Sambung Susu terhadap Jeruk Nipis, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu. Jangan lupa untuk di share dan berkomentar. Terimakasih

Post a Comment for "Metode Sambung Susu terhadap Jeruk Nipis"