MENGENAL TANAMAN ANDALIMAN KHAS SUMATERA

Andaliman adalah salah satu jenis tanaman yang tumbuh di daerah Sumatera, terutama di provinsi Sumatera Utara. Tanaman ini memiliki daun yang lembut dan berwarna hijau, serta memiliki batang yang lebih tebal dari daunnya. Tanaman andaliman biasanya tumbuh di daerah yang lembab dan terlindung dari sinar matahari langsung.

Andaliman merupakan tanaman yang memiliki manfaat yang luas bagi kesehatan. Daun andaliman mengandung zat yang dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah penyakit jantung. Tanaman ini juga dapat digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati masalah pencernaan, seperti diare dan mulas. Selain itu, andaliman juga dapat digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan minyak esensial, parfum, dan obat-obatan lainnya.

Andaliman juga merupakan tanaman yang dapat ditanam sebagai tanaman hias di kebun atau taman. Daun andaliman yang lembut dan berwarna hijau dapat menambah keindahan taman atau kebun Anda. Jika Anda ingin menanam andaliman di rumah, pastikan untuk menanamnya di tempat yang terlindung dari sinar matahari langsung dan cukup lembab. Jika Anda merasa tidak yakin tentang cara menanam andaliman, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan ahli kebun atau petani lokal yang lebih berpengalaman. Mereka dapat memberikan saran dan panduan yang tepat untuk menanam andaliman di rumah Anda.

Tanaman jenis Andaliman ini sangat terkenal khususnya sumatra utara. Pribahasa yang menyebutkan ''Kalau. tak Kenal Andaliman Jangan Ngaku Orang Batak''. Itulah sepenggal Kalimat yang mengatakan atau menyiratkan Jati Diri Orang Suku Batak.

MENGENAL TANAMAN ANDALIMAN KHAS SUMATERA

Jika ingin mengenal tanman andaliman ini lebih dekat, silahkan simak ulasan dibawah ini.

Andaliman ialah Sejenis Rempah yang dinamakan Rempah Tuba oleh Masyaraka Orang Suku Batak. Dan dimanfaatkan sebagai Bumbu Penyedap Rasa Makanan oleh Orang Suku Batak. Menghidangkan serta Menyajikan Makanan Khas Suku Batak, seperti Makan Arsik Ikan Mas.

Biasanya Andaliman ini termasuk Bumbu Andalan buat menyajikan Makan Khas Batak tersebut, Bahkan tak lengkap Rasanya bila Rasa Andaliman ini tak ada.


Sejarah Andaliman

Salah satu Rempah yang sampai saat ini masih di Budidayakan oleh Petani Suku Batak mempunyai Sejarah yang sanag panjang, Bahkan sebelum indonesia merdeka.

Begitu populernya Rempah Nusantara ini sehingga Perusahaan Persatuan niaga Belanda untuk Hindia Timur atau VOC (Vereenigde Osst Indische Compagnie) sekitar 400 Tahun yang lalu datang untuk Mengambil serta Memanfaatkan bahkan Menguasai Rempah ini.

Baca Juga : KANDUNGAN MANFAAT TANAMAN SINGKONG

Rempah Tuba juga tak cuma di kenal di Indonesia saja,bahkan Luar Negri layaknya Amerika serta Cina, Rasa Pedas yang buat Lidah Bergetar ciri khas dari Rempah ini,

Di Luar Negeri Rempah Tuba tak cuma sebagai Penyedap Rasa Makanan,Bahkan buat Industri.

Rempah Tuba atau yang lebih diketahui dengan Nama Latin Zanthoxylum mempunyai sebutan yang berbeda-beda di Tanah Batak. Seperti yang Kita Ketahui Tanah Batak yang Luas Rempa ini mempunyai sebutan Andaliman.

Di daerah Simalungun, Tanah Karo serta Dairi Rempa ini mempunyai sebutan Tuba, dan di Tanah Tapanuli Selatan Rempah ini mempunyai sebutan Syiarnyar Pemberian.

Nama atau Sebutan Rempah ini ditentukan oleh Ukuran, Buah serta Bentuk Duri dari yang Melekat terhadap Rempah tersebut.


Hubungannya Rempah Tuba atau Andaliman dengan Suku-suku Batak

Secara Adat, Rempah Tuba banyak di Manfaatkan oleh Suku Batak sebagai Penyedap Makanan Sajian disaat mengadakan Acara Ritual Suku Batak.

Seperti Kita ketahui Makanan Khas harus ada di acara Adat Suku-suku Batak. Hal lain yang bikin Rempah Tuba menjadi Andalan dalam Penyajian Makanan ialah Ketahanan Makanan dapat lebih lama buat di simpan (awet).


Manfaat Lain Rempah Tuba

Rempah Tuba tak cuma berguna sebagai Penyedap Makanan saja, Tapi juga dapat dimanfaatkan sebagai Obat Herbal pasal di dalam Rempah Tuba mengandung Senyawa Aromatik serta Minyak Eksensial yang amat berguna buat Kesehatan.

Dan Minyak Eksensial sendiri berguna buat kurangi Rasa Sakit ketika Tertusuk Duri Rempah Tuba serta juga bisa Menyembuhkan Luka dari Duri-duri Tanaman lain.
Demikianlah artikel tentang MENGENAL TANAMAN ANDALIMAN KHAS SUMATERA, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu. Jangan lupa untuk di share dan memberi komentar pada kolom yang telah disediakan. Terimakasih

Post a Comment for "MENGENAL TANAMAN ANDALIMAN KHAS SUMATERA"