9 Makanan untuk Asam Urat yang Dilarang dan yang Dianjurkan

Asam urat adalah kondisi medis yang disebabkan oleh kadar asam urat yang tinggi dalam darah. Makanan yang dilarang untuk penderita asam urat adalah makanan yang tinggi purin, yaitu makanan yang mengandung banyak asam urat dalam bentuk yang mudah terurai menjadi asam urat. Contohnya adalah daging merah, organ dalam, ikan asin, kacang-kacangan, dan alkohol.

Selain itu, makanan yang tinggi lemak juga harus dihindari karena dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes, yang dapat meningkatkan risiko asam urat. Makanan yang dianjurkan untuk penderita asam urat adalah makanan tinggi serat, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Makanan ini dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah dan mencegah penumpukan asam urat di sendi.

Biasanya sakit Asam  urat tidak mau sembuh itu bisa disebabkan karena ada beberapa pantangan yang memang tidak dipatuhi selama masa penyembuhan. Efek negatifnya rasa nyeri akan semakin parah, timbul bengkak dan radang di jempol kaki.

Jadi sebenarnya, apa saja pantangan penderita penyakit asam urat? Penyebab asam urat itu dari makanan yang memang mengandung zat yang berlawanan dengan penyakit asam urat.

Kebanyakan penyakit asam urat disebabkan oleh konsumsi bahan makanan yang memiliki kandungan purin berlebihan. Kadar asam urat dalam tubuh tinggi akan berdampak pada ginjal sehingga tak mampu lagi mengeluarkan melalui urin dan menumpuk di persendian.

Sebaiknya jika mengalami sakit asam urat lebih berhati - hati dalam menjaga makanan dan mengetahui jenis sayuran yang merupakan dilarang bagi penderita asam urat.

Berikut adalah sayur yang dilarang untuk penderita asam urat :

1. Bayam

Mungkin sudah tak asing lagi dengan sayuran satu ini , Ya bayam memiliki kandungan vitamin C , zat besi, beta karoten , luteins dan flavonoid memang telah banyak disukai orang . Tapi, anda yang menderita penyakit asam urat sayuran ini menjadi pantangan karena bayam sendiri memiliki kandungan purin yang cukup tinggi .


2. Jamur

Adapun kandungan purin dalam jamur sangatlah tinggi , dimana 100 gram jamur mengandung 92- 17 gram purin .


3. Asparagus

Asparagus tentu sudah tak asing dengan sayuran satu ini . Memiliki kandungan folat dan kalium yang cukup tinggi serta kandungan purin , asparagus tidak dianjurkan bagi mereka yang menderita asam urat.


4. Kembang kol

Yang terakhir, kembang kol juga termasuk sayuran yang memiliki kandungan purin cukup tinggi dan dilarang bagi penderita asam urat. Yang mana setiap 100 gram kembang kol mengandung 51 gram purin sehingga tak bagus untuk dikonsumsi berlebihan karena menyebabkan perut kembung dan begah.


5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan termasuk jenis makanan yang baik untuk penderita asam urat. Karena penderita asam urat disarankan untuk menjauhi protein hewani, kacang bisa menjadi sumber protein yang baik.

Setelah membaca penjelasan diatas tentang makanan yang dilarang untuk dimakan bagi penderita sakit asam urat, jangan takut karena masih ada makanan yang diperbolehkan untuk dimakan penderita sakit asam urat.

Selain dengan pengobatan, menjaga pola makan yang sehat merupakan salah satu cara untuk mengobati asam urat. Mengonsumsi sayuran untuk penderita asam urat merupakan salah satu bagian penting dari pengobatan. Apa saja sayuran yang baik untuk penderita asam urat?

Asam urat dalam kadar tinggi di dalam tubuh dapat menyebabkan pembentukan kristal pada sendi. Gejala penyakit asam urat biasanya muncul secara tiba-tiba, berupa nyeri yang bisa terasa sangat berat. Jika kadar asam urat yang tinggi ini didiamkan saja, maka dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal .

Jika Anda mengalami penyakit asam urat, Anda perlu lebih cermat dalam memilih makanan atau minuman yang Anda konsumsi. Karena jika tidak, maka rasa nyeri yang Anda rasakan bisa semakin memburuk.

Mengonsumsi obat-obatan untuk mengobati asam urat merupakan langkah tepat untuk menurunkan kadar asam urat dan mengatasi nyeri. Namun menjaga pola makan sehat untuk penderita asam urat juga penting untuk membantu meminimalkan serangan dan membatasi tingkat keparahan penyakit asam urat yang mungkin Anda alami.

9 Makanan untuk Asam Urat yang Dilarang dan yang Dianjurkan

Berikut ini Daftar Sayuran Untuk Penderita Asam Urat Yang Boleh untuk di Konsumsi

6. Wortel

Sayuran yang berasal dari akar seperti wortel dan ubi mengandung jumlah purin paling rendah. Purin merupakan zat yang akan dicerna menjadi asam urat di dalam tubuh. Oleh karena itu, wortel termasuk ke dalam sayuran untuk penderita asam urat yang aman dikonsumsi.


7. Terung dan tomat

Selain wortel, terung dan tomat juga merupakan sayuran rendah purin yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat.


8. Brokoli

Sayuran yang kaya akan kandungan vitamin C seperti brokoli, juga dapat menurunkan kadar asam urat.


9. Kentang

Kentang merupakan sayuran rendah purin dan kaya akan vitamin C, yang dapat membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

Di samping menjalankan pengobatan dengan rutin dan mengonsumsi sayuran untuk penderita asam urat, ada beberapa cara lainnya untuk mencegah atau meminimalkan serangan pada penyakit asam urat, meliputi:

  • Rutin berolahraga.
  • Minum air putih yang cukup.
  • Jauhi minuman yang terlalu manis.
  • Hindari minuman beralkQhQl.
  • Batasi asupan daging dan makanan laut.
  • Cukupi kebutuhan protein Anda dengan mengonsumsi susu rendah lemak , yoghurt , keju, dan susu.


Menjaga berat sangat dianjurkan untuk penderita asam urat. Karena berat badan ideal dapat membantu mengurangi tekanan pada sendi-sendi Anda yang dapat menimbulkan rasa sakit.

Tetaplah dengan serius menjalani hidup dengan cara yang sehat. Bukan hanya untuk sakit asam urat tapi Karena menjaga kesehatan itu lebih baik daripada mengobati. Salam sehat dan Terimakasih

Post a Comment for "9 Makanan untuk Asam Urat yang Dilarang dan yang Dianjurkan"