Bentuk DAS dan Jaringan Sungai

DAS dapat dibedakan berdasarkan bentuk atau pola dimana bentuk ini mempengaruhi waktu konsentrasi air hujan yang jatuh & mengalir menuju outlet. Semakin bulat bentuk DAS berarti semakin singkat waktu konsentrasi yang diperlukan, sehingga semakin tinggi fluktuasi banjir yang terjadi. Sebaliknya semakin lonjong bentuk DAS, waktu konsentrasi yang diperlukan semakin lama sehingga fluktuasi banjir semakin rendah.

Berikut penjelasan mengenai Bentuk-bentuk DAS dan Sistem Jaringan DAS

Bentuk-bentuk DAS

Bentuk bulu burung

1. Anak sungai terletak dikiri-kanan sungai utama 
Bentuk bulu burung

Bentuk bulu burung

Bentuk DAS ini mempunyai debit banjir yang relatif kecil karena waktu tiba banjir dari anak-anak sungainya yang terletak dikiri kanan sungai utama berbeda-beda.

Waktu banjir relatif lama

Bentuk radial

Bentuk radial

1. Bentuk DAS ini menyerupai kipas, debit banjir terjadi pada titik pertemuan anak-anak sungainya meskipun tidak lama

2. Anak sungai terkonsentrasi ke satu titik secara radial

Bentuk paralel

Bentuk paralel

Bentuk DAS ini mempunyai corak dimana 2 jalur aliran sungai yg sejajar, bersatu dibagian hilir. Debit banjir terjadi pada bagian hilir


Sistem jaringan Sungai

Dilihat dari udara, jaringan aliran sungai terlihat seperti berikut :

Dilihat dari udara, jaringan aliran sunga

Sistem jaringan sungai berperan besar dalam mempengaruhi debit puncak dan lama waktu berlangsungnya debit puncak tersebut


Urutan Sub DAS

Kedudukan aliran sungai dapat diklasifikasikan secara sistematik berdasarkan urutan sub daerah aliran sungai (Perhatikan Gambar)

Urutan Sub DAS

Dari gambar tampak bahwa setiap aliran sungai yg tdk bercabang disebut sub das urutan pertama. Selanjutnya sub DAS yang menerima aliran dari sub DAS pertama disebut sub DAS kedua dan seterusnya. 


sub das

Semakin besar angka urutan semakin luas wilayah sub das dan semakin banyak percabangan sungai yang terdapat didalam DAS yang bersangkutan


Kerapatan Drainase Sub DAS

Kerapaan drainase adalah panjang aliran sungai /km persegi luas DAS yang

dapat dirumuskan seperti berikut

Kerapatan Drainase Sub DAS

Dalam suatu DAS anak sungai bagian atas akan bersambung dgn anak sungai yang lebih besar dibawahnya. Setiap anak sungai mempunyai hidrograf aliran yang menunjukkan respon DAS terhadap curah hujan.

DAS anak sungai 

Analisa DAS

Ketika anak sungai bersatu, air dari kedua anak sungai tersebut bergabung. Tetapi debit puncak dari kedua anak sungai tersebut tidak terjadi secara bersamaan aliran yang menunjukkan respon DAS terhadap curah hujan.

Pengaruh ketidaksamaan waktu terjadinya debit puncak tersebut telah menurunkan debit puncak total pada sungai utama.

Demikianlah artikel tentang Bentuk DAS dan Jaringan Sungai, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu. Terimakasih

Post a Comment for "Bentuk DAS dan Jaringan Sungai"