7 Manfaat Daun Kersen Untuk Kesehatan

Daun kersen (Prunus cerasus) adalah tumbuhan yang berasal dari wilayah Asia Tengah dan Eropa Timur. Daun kersen dianggap memiliki sifat antiinflamasi dan dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko penyakit jantung. Daun kersen juga dianggap memiliki sifat diuretik dan dapat membantu mengurangi retensi air di tubuh.

Penelitian ilmiah yang mendukung manfaat daun kersen untuk kesehatan masih terbatas, sehingga perlu lebih banyak penelitian untuk mengetahui apakah daun kersen benar-benar efektif untuk mengobati atau mencegah penyakit tertentu.

Daun kersen dapat dikonsumsi dalam bentuk teh, kapsul, atau tambahan dalam masakan. Namun, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi daun kersen atau menggunakannya sebagai obat, terutama jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat lain.

Tanaman kersen ada juga yang menyebutnya dengan tanaman talok atau tanaman buah cherry jawa.

Tanaman yang termasuk tumbuhan secara liar ini, yang bisa tumbuh tanpa ada perawatan secara khusus dan biasanya ditemukan di pinggir-pinggir jalan atau pinggiran sungai. 

Buah kersen yang memiliki rasa sangat manis ini menjadi tempat bermain anak-anak, karena rasanya yang manis, bukan hanya anak-anak saja yang menyukainya, namun orang dewasa juga menyukainya.

17 Manfaat Daun Kersen Untuk Kesehatan

Tanaman buah kersen karena sering dianggap sebagai tanaman liar, banyak orang yang mencabuti tanaman buah kersen ini karena di rasa tanaman ini mengganggu. 

Sebenarnya sangat disayangkan, tanaman pohon kersen ini mengandung berbagai manfaat untuk kesehatan kita. Dari beberapa bagian tanaman buah kersen, tanaman buah kersen dikenal sebagai obat untuk menyembuhkan asam urat dan diabetes.

Buah kersen mempunyai manfaat sebagai penyembuh penyakit, ternyata daun buah kersen juga bermanfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat daun buah kersen terutama untuk kesehatan?

Buah kersen

Berikut penjelasannya:

1. Daun Kersen Sebagai obat mengatasi diabetes

Bukan hanya buah kersen saja yang terkenal sebagai obat mengatasi penderita diabetes, akan tetapi daun buah kersen juga bisa dijadikan obat mengatasi diabetas.

Dari dulu daun kersen dikenal sebagai ramuan alami yang biasa digunakan untuk mengatasi gula darah yang tinggi.

Sebab kandungan flavonoid dan saponin yang cukup tinggi daun buah kersen bisa menyereksi hormon insulin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk metabolisme gula.


2. Daun Kersen bisa Mencegah perkembangan tumor

Daun buah kersen dikenal sebagai daun yang mempunyai banyak manfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Salah satu manfaat dari daun buah kersen ialah untuk mencegah pertumbuhan tumor.

Daun kersen ini mempunyai kandungan saponin, tannin dan flavonoid. Selain itu, air rebusan daun buah kersen juga dapat menjadi antiseptik yang cukup bagus dan akan mencegah inflamasi serta peradangan.


3. Daun Kersen Sebagai pengontrol fungai otot jantung

Manfaat yang lain dari daun kersen juga bisa menjaga fungsi otot jantung. Hal tersebut di buktikan dengan sebuah penelitian bahwasannya daun buah kersen bisa bekerja sangat aktif untuk melindungi fungsi dari otot jantung.


4. Daun Kersen Sebagai Anti hipertensi

Daun kersen dapat di gunakan untuk obat anti hipertensi. Caranya dengan membuat minuman dari serbuk daun buah kersen dan diminum dua kali dalam sehari.


5. Daun Kersen Sebagai Anti inflamasi

Penjelasan diatas juga sudah disebutkan bahwa daun buah kersen bisa menurunkan gejala radang dan inflamasi.


6. Daun Kersen Sebagai Antiseptik

Daun kersen memiliki kandungan tannin, saponin dan flavonoid, ini juga dapat menjadi antiseptik yang membunuh berbagai bakteri dan mikroba.


7. Daun Kersen juga Dapat Mengatasi kolesterol yang tinggi 

Manfaat dari daun kersen yang lainnya ialah sebagai obat yang bisa mengatasi kolesterol yang tinggi. Caranya ialah dengan meminum air rebusan daun kersen dan diminum tiga kali setiap hari.

Post a Comment for "7 Manfaat Daun Kersen Untuk Kesehatan"