Cara Menumbuhkan Rasa Khusyu Dalam Shalat

Kita sebagai umat islam jelas saja ingin mengerjakan shalat sesuai yang dikehendaki oleh Allah SWT yang memerintahkan shalat wajib lima masa. Shalat ini hukum nya wajib dan tidak ada alasan untuk melalaikanya.

Yang hendak dituju oleh orang yang mengerjakan shalat ialah :
  • Tumbuhnya keikhlasan 
  • Bertakwa kepada Allah SWT 
  • Mengingat Allah SWT 

Tumbuhnya keikhlasan ditandai dengan keikhlasan beribadah kepada Allah SWT, buat memurnikan ketaatan cuma kepada-Nya, serta mengerjakan segala sebuah yang diridhainya.

Cara Menumbuhkan Rasa Khusyu Dalam Shalat

Ketaatan kepada Allah SWT bermakna tumbuhnya keinginan bagi orang yang mendirikan shalat buat melakukan perintah Allah SWT serta menghentikan seluruh larangan-larangan-Nya.

Dengan shalat seorang akan senantiasa mengingat Allah SWT, pasal bacaan dari shalat tediri dari Tasbih, Tahmid, Takbir, Do’a dan bisa mengalamikeagungan serta kebesaran Allah SWT.

Mengerjakan shalat ialah sebagai perwujudan dari keyakinan yang sudah tertanam di dalam hati orang yang mengerjakannya, serta menjadi evidensi jikalau ia sudah mengalami jikalau pribadinya amat bergantung kepada enak Allah SWT pasal itu berupayasekuat energi buat melakukan perintah-perintah Allah SWT serta menghentikan larangan-laranga-Nya.

Baca Juga : PERANAN AKAL DAN WAHYU DALAM ILMU TAUHID

Rasa khusyu ini tentunya berpusat di dalam hati sanubari yang termanifasikan dalam gerak partisipan badan, pikiran sertapandangan.

Rasulullah SAW pernah menegur seorang sahabat yang suka mengelus-elus janggutnya sementara ia sedang shalat.

Rasulullah SAW memaparkan jikalau rekannya itu tak khusyu dalam mengerjakan shalat.

Selanjutnya Rasulullah SAW bersabda jikalau kalau hatinya khusyu tersebutkan partisipan tubuhnya akan khusyu pula.

Ahmad Ali Ash Shabuni dalam Mukhtashar Tafsir Ibni Katsir menerangkan jikalau perilaku khusyu dalam shalat ialah dengan melempar perhatian ke arah tempat sujud serta khusyu akan tercapai dengan mengosongkan hati cuma buat shalat.

Orang yang menjalankan shalat akan mendapati “ketenangan hati” serta “penyejuk hati”.

Dengan demikian tersebutkan shalat itu dikerjakan dengan menelisik arti bacaan dalam shalat, senantiasa ingat kepada Allah SWT serta takut akan ancaman-Nya, memanjatkan do’a cuma kepada Allah SWT dengan sepenuh hati serta ikhlas beribadah cumakepada Allah SWT serta mengalami suatu kenikmatan beribadah.

Demikianlah artikel tentang Cara Menumbuhkan Rasa Khusyu Dalam Shalat, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog Pustaka ilmu. Terimakasih

Post a Comment for "Cara Menumbuhkan Rasa Khusyu Dalam Shalat"